December 29, 2012

Manfaat Daun Pohpohan



Orang Indonesia senang sekali makan ditemani dengan lalapan serta sambal.  Terbayang pasti makan bisa bersemangat dan nambah hehe.  Lalapan daun mentah ini juga beraneka macamnya.  Biasanya tiap daerah
sayuran mentah yang berbeda dapat dijadikan lalapan.
Nah tapi ada satu lalapan yang sangat saya sukai yaitu lalapan pohpohan.  Selain  daunnya rasanya enak dan wangi segar juga ternyata mempunyai gizi yang cukup tinggi.  Daun pohpohan (Pilea melastomoides) rasanya segar dan wangi seperti  daun mint.  Ternyata daun ini bagus dimakan oleh kita.  karena kandungan kalsiumnya cukup tingi dibandingan sayuran lain.
Kandungan gizi yang terdapat dalam daun pohpohan (per 100 gr bahan) yaitu energi 37 Kal, protein 2,5 gr, lemak 0,8 gr, karbohidrat 6,9 gr, Kalsium (Ca) 744,0 mg, fosfor 80,0 mg, besi 5,9 mg, vitamin A 900 RE, vitamin C 5 mg, vitamin B1 0,03 mg, air 87,4 gr. Wah cukup lengkap gizi di dalamnya. 
Kita tahu kalau tubuh  memerlukan kalsium untuk pertumbuhan dan pembentukan tulang dan gigi pada masa pertumbuhan anak-anak hingga remaja.  Kalsium juga sangat dibutuhkan bagi ibu  hamil dan selama masa menyusui.  Untuk orang dewasa, kalsium juga dibutuhkan  untuk mencegah pengapuran pada tulang (osteoporosis).

Perlu anak-anak dikenalkan dan diajari untuk menyukai sayuran terutama daun pohpohan.  Harganya pun relatif murah (seikat kecil 500 rupiah di pasar swalayan).  Bagi orang yang tidak suka susu, maka daun poh-pohan ini bisa dijadikan alternatif pengganti untuk mencukupi kebutuhan kalsium tubuh.
Siapa yang mau coba!

1 comment: