January 18, 2012

Madu, si Manis Yang Banyak Manfaat

Siapa yang tak kenal madu?  Pasti semua orang tahu.  Madu tersusun dari senyawa gula seperti glukosa, fruktosa serta sejumlah mineral seperti magnesium, kalium, kalsium, natrium, klor, belerang, besi dan fosfat.  Madu juga mengandung vitamin B1, B2, C, B6 dan B3. 

Beberapa manfaat madu antara lain :

  1. Mudah dicerna : madu mudah dicerna oleh perut yang paling sensitif sekalipun, walau memiliki kandungan asam yang tinggi. Madu membantu ginjal dan usus untuk berfungsi lebih baik.
  2. Menambah tenaga : jika dibandingkan dengan jumlah gula yang sama, kandungan kalori madu 40% lebih rendah.  Walau menambah energi yang besar, madu tidak menambah berat badan.
  3. Memperlancar fungsi otak : jika dicampur dengan air hangat, madu dapat berdifusi ke dalam darah hanya berselang tujuh menit setelah dikonsumsi.  Molekul gula bebas dalam madu membuat otak berfungsi lebih baik karena otak merupakan pengonsumsi gula terbesar.
  4. Membantu pembentukan darah : Madu menyediakan banyak energi yang dibutuhkan tubuh untuk pembentukan sel darah.  Madu juga membantu membersihkan darah, membantu peredaran darah.  Madu juga berfungsi sebagai pelindung terhadap masalah pembuluh kapiler dan arteriosklerosis.
  5. Membunuh bakteri : sifat madu yang membunuh bakteri disebut "efek inhibisi." Penelitian menunjukkan bahwa sifat ini meningkat dua kali lipat bila madu diencerkan dengan air.
  6. Meningkatkan nafsu makan dan mengurangi rasa sakit : konsumsi madu secara rutin dapat mengurangi kepekaan terhadap rasa sakit, sekaligus memperbaiki nafsu makan balita.  Itu disebabkan karena, pertama madu mengandung aneka gizi, dan keduanya bahwa madu bersifat antibiotik.
  7. Memenuhi kebutuhan protein : kadar protein dalam madu relatif kecil, sekitar 2,6%.  tapi kandungan asam aminonya cukup beragam, baik asam amino non esensial dan esensial.  Asam amino inilah yang memenuhi kebutuhan protein balita.
  8. Mengandung zat antibiotik : madu mengandung zat antibiotik yang aktif melawan penyakit.  Beberapa penyakit infeksi yang dapat disembuhkan dan dihambat dengan mengkonsumsi madu secara teratur antara lain : batuk, demam, penyakit jantung, gangguan hati, paru-paru, penyakit yang mengganggu fungsi mata, syaraf dan telinga juga ISPA.
Melihat banyaknya manfaat madu, lebih baik mulai sekarang kita biasakan mengkonsumsi madu setiap harinya. (Pustaka : Penyakit Akibat Kelebihan & Kekurangan Vitamin dan Mineral.  Handriani Kristanti.  Citra Pustaka.  Yogyakarta.  2010).

No comments:

Post a Comment