January 5, 2012

Keajaiban Kedelai

Kedelai (Glycine max) termasuk tanaman kacang-kacangan yang mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan. Karena kedelai merupakan
makanan yang sangat menakjubkan.  Ada 10 keuntungan utama dari kedelai yakni:
  1. Antioksidan.  Makanan-makanan yang berasal dari kedelai mengandung anti oksidan yaitu senyawa-senyawa yang melindungi sel-sel dari kerusakan yang disebabkan oleh molekul-molekul oksigen bebas yang disebut radikal bebas (free radicals).  Oksigen bebas ini diyakini sebagai zat yang bertanggung jawab atas terbentuknya kanker dan juga penuaan dini.  Terlebih lagi oksidasi dari LDL/kolesterol buruk dianggap sebagai pemacu tumbuhnya plag.
  2. Kanker Payudara.  Sebuah penelitian di Singapura mengatakan bahwa wanita yang mengkonsumsi makanan-makanan dari kedelai mempunyai resiko yang rendah terserang kanker payudara dibandingkan dengan mereka yang tidak mengkonsumsinya.
  3. Penurun Kadar Kolesterol.  Angka-angka dalam penelitian di seluruh dunia menunjukkan bahwa kedelai berkhasiat menurunkan kadar kolesterol, khususnya bagi mereka yang kadar kolesterolnya tinggi.
  4. Kanker Usus.  Penelitian di Amerika Serikat akhir-akhir ini menunjukkan bahwa orang Amerika yang menjadikan kedelai dan tahu sebagaian dari menu mereka sehari-hari memiliki tingkat kanker usus yang lebih rendah secara signifikan dibanding dengan rekan-rekan mereka yang tidak mengkonsumsinya.
  5. Retak Tulang Pinggang.  Retak tulang pinggang berasal dari osteoporosis merupakan masalah utama yang dihadapi wanita yang mulai beranjak tua di Amerika Serikat.  Wanita-wanita Jepang memiliki tingkat retak ini setengah dari jumlah wanita Amerika.  Penelitian terdahulu menunjukkan bahwa kedelai ternyata dapat mempertahankan keawetan tulang.
  6. Ruam Panas.  Peneliti yakin bahwa senyawa-senyawa khusus seperti fitoestrogen membantu suhu badan wanita-wanita Jepang tetap dingin sehingga tidak menimbulkan ruam panas yang datang secara tiba-tiba bagi wanita-wanita Amerika yang tidak mengkonsumsi kedelai.
  7. Imunitas.  Penelitian menunjukkan bahwa peptide (rangkaian asam amino) dapat menciptakan kekebalan tubuh yang membantu tubuh melawan berbagai serangan penyakit.
  8. Penyakit Ginjal.  Protein kedelai mudah diterima oleh ginjal dibandingkan dengan protein hewani dan juga dapat menurunkan atau mencegah kerusakan ginjal pada mereka yang memiliki gangguan fungsi ginjal.
  9. Kanker paru-Paru. Penelitian telah banyak mengungkapkan tentang hubungan antara konsumsi kedelai dengan rendahnya tingkat kanker paru-paru.
  10. Kanker Prostat.  Sebuah penelitian memperlihatkan adanya korelasi garis lurus antara konsumsi tahu dengan rendahnya tingkat kanker prostat.  Penelitian lain menunjukkan bahwa senyawa-senyawa dalam kedelai dapat menghalangi pertumbuhan sel-sel kanker prostat dalam kultur laboratorium.
Wah melihat manfaatnya, tentu bagus sekali jika kita juga mengkonsumsinya dalam keseharian.  Bukankah banyak produk kedelai yang memang banyak di produksi di Indonesia dan sudah menjadi makanan bagi kita seperti tahu, tempe, susu kedelai, dll.Baahkan harganya pun sangat terjangkau dan relatif murah.
(Pustaka: Terapi Kedelai Bagi Kesehatan. Earl Mindell.  Pustaka Delapratasa.  2008).

No comments:

Post a Comment