February 28, 2012

Selera Penerbit

Pertama menulis, hanya senang mencoretkan ide dalam pikiran saja. Tapi setelah mulai bisa membuat naskah atau tulisan pendek tentu ada keinginan lain dalam diri kita. Kenapa tulisan ini tidak diterbitkan ya? Pertanyaan itu pasti ada pada semua orang tentunya. Lalu ada pertanyaan lanjutannya. Adakah penerbit yang mau menerbitkan tulisan ini menjadi buku? Pasti ada! Tapi lagi-lagi bertanya hehe. Penerbit mana ya?

Teman-teman tentu tahu, banyak sekali penerbit di sekeliling kita. Mulai penerbit kecil, penerbit yang baru muncul, sampai penerbit besar yang sudah ada dari zaman dulu. Atau penerbit indie yang juga banyak bermunculan. Wah, bingung...mau dikirim ke mana naskah kita? Tanya sana, tanya sini. Cari seluruh alamat penerbit yang ada. Kata si A bagus kirim ke penerbit Anu. Kata si B, kirim saja ke penerbit Itu. Hihi yang ada malah bingung dan enggak jadi ngirim...

Kebanyakan pendapat membuat saya bingung sendiri. Tapi enggak lama-lama kok. Akhirnya saya memutuskan untuk memilih satu penerbit yang paling sesuai dengan visi dan misi menulis saya (halah serius amat ya). Setelah saya memutuskan penerbit itu saya tidak serta merta mengirimkan naskah yang sudah jadi itu. Loh, kenapa? Takut tidak sesuai dengan selera penerbit itu tentunya. Lantas apa yang harus dilakukan selanjutnya? Hmmm, agar tidak salah sasaran, saya harus tahu buku-buku apa saja yang diterbitkan oleh penerbit itu. Untuk itulah saya harus mencari tahu. Caranya?

  1. Pergi ke toko buku.  Lihat dan perhatikan buku apa saya yang diterbitkan oleh penerbit yang kita tuju.
  2. Pilih satu buku dan beli (jangan minjem bulu ya hihi)
  3. Pelajari buku yang sudah dibeli (mulai cara penulisan, alur cerita, jenis cerita, sampai bentuk penulisan serta ejaan, dll)
  4. Edit naskah tulisan yang kita buat menjadi seperti itu (bukan mencontek isinya loh)
  5. Endapkan tulisan beberapa waktu.
  6. Baca ulang hingga tak ada lagi kesalahan penulisan.
  7. Siap dikirimkan (lalu menunggu kabar baik datang....hehe ngarep).   Ini gayaku...bagaimana dengan gayamu? Selamat mencoba....

No comments:

Post a Comment