February 25, 2012

Alur Cerita

Ketika kita pertama kali ingin menuliskan sebuah cerita suka bingung.  Maksudnya mau mulai cerita dari mana ya?  Nah, biar tidak bingung kita tentukan saja dulu alur ceritanya.  Apa sih alur cerita itu?  Secara garis besar alur cerita adalah rangkaian peristiwa yang ada dalam naskah tulisan kita.  Ada tiga alur cerita secara umum :
  1. Alur maju :  jika rangkaian cerita dalam naskah itu peristiwanya berjalan maju dari awal sampai akhir.  Misalnya : menulis tentang kegiatan seekor ayam.  Ceritanya ditulis mulai dari ayam itu bangun dipagi hari, lalu kegiatan ayam tersebut mulai pagi, siang hingga ayam tersebut tidur kembali.  Jadi peristiwanya berurutan dan bergerak maju.
  2. Alur mundur : jika rangkaian ceritanya peristiwanya bergerak mundur.  Misalnya : menceritakan seorang tokoh  yang kini sudah berhasil menjadi pengusaha terkenal.  Nah, cerita ditulis kembali ke belakang, dimana mengisahkan masa kecil sang tokoh.  Dari masa kecilnya,  tentang sekolahnya dll.  Jadi jalan ceritanya bergerak ke belakang.
  3. Alur maju mundur : kadang suatu cerita bisa dibuat mengikuti alur maju dan mundur.  Misalnya : menceritakan kegiatan seorang anak ketika di sekolah.  Di tengah cerita, alurnya berpindah menceritakan tentang kegiatannya anak tersebut ketika balita yang sangat suka jajan.                              
Nah, mau nulis dengan alur apa?  Silahkan dicoba....

No comments:

Post a Comment