January 16, 2012

Pelatihan Menulis?

Ketika membaca sebuah cerita anak di satu majalah, saya bisa begitu suka.  kenapa ya?  Padahal kisah yang diceritakan oleh penulis itu hanya cerita biasa yang dapat ditemukan sehari-hari. Sayapun tergerak untuk mencoba menulis kisah lain seperti itu. Lalu saya bandingkan hasil tulisan penulis itu dengan tulisan pemula milik saya.  Wih ...ternyata hasilnya jauh berbeda...he he he, tulisan saya kaku dan tak enak dibaca.  Halah ternyata saya masih perlu belajar menulis yang baik lagi.

Akhirnya terpikir oleh saya untuk belajar menulis, dengan maksud memperbaiki cara dan gaya menulis saya.  Kebetulan seorang teman menawarkan pelatihan menulis.  Gayungpun bersambut, saya langsung mendaftarkan diri.  Pelatihan itu diberi nama "Kelas Ajaib" yang digawangi oleh Benny Rhamdani, penulis yang sudah puluhan tahun berkutat dalam dunia kepenulisan dan sudah menghasilkan banyak karya.

Sayapun belajar di "Kelas Ajaib" dengan semangat.  Cara belajar yang unik dan mendorong motivasi menulis semakin meningkat.  Dari "Kelas Ajaib" inilah saya banyak sekali digembleng tentang lika-liku dunia penulisan.  Inilah beberapa cara yang saya dapat dari pelatihan itu:
  1. Mulai dari cara mencari ide dengan cepat.  Lewat contoh yang diberikannya ternyata ide itu banyak sekali di sekitar kita.  Semua bisa ditulis menjadi sebuah cerita.  
  2. Menentukan tema/judul.  Dari ide itu disempitkan lagi jadi sebuah tema.  dari tema inilah akhirnya judul tulisan dibuat, walau judul tak mesti ada lebih dahulu.
  3. Cara membuat outline tulisan.  Ini dipelajari dan dipraktikkan langkah demi langkah.
  4. Lalu mempraktikkannya hingga menjadi sebuah buku cerita anak, dan waktu penulisan ditentukan.  Deadline itu membuat semua peserta jadi termotivasi untuk menulis dan terus menulis.  Kami pesertanya juga didorong untuk menghasilkan karya hingga terbit menjadi buku.
Memang ajaib masuk di "Kelas Ajaib" ini.  Banyak sekali ilmu yang saya dapatkan dan banyak juga perubahan yang sudah saya terapkan dalam cara penulisan saya.  Rupanya Benny Rhamdani memang senang sekali membagi ilmunya.  Lewat "kelas Ajaib" yang didirikannya itulah, ia ingin mencetak penulis-penulis baru sebanyak mungkin.  Cita-cita beliau begitu indah, semoga akan banyak lahir penulis-penulis yang dapat menelurkan buku-buku cerita anak yang berkualitas.  Semoga...! 

No comments:

Post a Comment