January 9, 2013

Fokus Menulis

Sering sekali tulisan yang kita buat terbengkalai tidak selesai.  Mengapa ya?  Pasti kita sudah tahu jawabannya  hayo...Alasannya sih lumrah saja, sibuk ngurus pekerjaan rumah tangga.  Sibuk mengantar
jemput anak sekolah dan masih banyak urusan lainnya.  Sebenarnya alasan itu benar semua. Sstt..sayapun pernah mengalaminya.  Kesibukan sebagai ibu rumah tangga memang tidak ada habis-habisnya. 
Untuk mensiasatinya, saya menggunakan beberapa langkah agar tulisan saya itu tidak terbengkalai.  Ini dia langkahnya:
  1. Fokus dan niat:  Ini harus selalu diingatkan dalam hati.
  2. Target selesai:  caranya dengan mengingat tanggal deadline.  Saya berusaha untuk menargetkan tulisan itu  agar dapat selesai seminggu sebelumnya atau bahkan lebih.  
  3. Efisienkan waktu: Siasati dengan menulis disetiap waktu luang yang ada. Misalnya disela waktu menunggu anak les.  Atau sehabis belanja dan masak.  Bisa sehabis mengantar jemput anak  sekolah.  Yang penting tugas rutin di rumah tidak sampai ditinggalkan.
  4. Matikan/minimkan  aktivitas sosial media: FB, twitter, blog terkadang banyak sekali menyita waktu.   Buka jika memang diperlukan, misalnya untuk mencari bahan atau melihat adakah info baru yang bermanfaat.  Bila sedang jenuh menulis, baru bukalah sebentar saja kan itu juga bisa menghilangkan kejenuhan dan menghibur.  Tapi jangan pake lama ya...hehe.  Sayangkan waktu 2-3 jam bersos-med bisa menjadi 2-5 halaman lebih tulisan. 
Bagaimana, setuju kan.   Ada yang mau menambahkan?


2 comments:

  1. Setuju banget, Mbak. Saya masih termasuk orang yg terjerat sosmed hingga ngeganggu waktu nulis :(
    Makasih ya, tulisannya udah ngingetin :)

    ReplyDelete
  2. Teh Yas dulu saya juga begitu, tapi karena gak enak nulis mepet DL jadinya disiasati. Kalau tulisan sdh selesai baru saya ber sosmed-ria hehe tetep...:)

    ReplyDelete