February 23, 2012

Belajar MatematikaLewat Dongeng

Suatu hari saya bertamu di rumah teman, rupanya teman itu sedang mengajari anaknya belajar.  Buku pelajaran matematika.  Saya memperhatikan caranya mengajari anaknya tersebut.  Terbayang anaknya yang masih TK itu rewel dan tidak mengerti.  Ibunya mulai mengajari tambah-tamabahan seperti langkah-langkah dibuku.  Anak itu mengerti, ia mulai menuliskan pekerjaannya di buku.

Hmm...sepertinya tak ada masalah.  Anak yang TK sudah selesai, datang lagi anak pertama dengan wajah merengut.  Anak itu membawa buku PR yang tak bisa dikerjakannya.  Si Ibu mulai mengajari cara seperti di buku.  Tapi kali ini anaknya tidak mengerti.  Lalu Si ibu coba mengulang lagi, tapi tetap tak bisa.  Wah terbayang deh, wajah si anak tambah kesal.

Untunglah ibunya punya akal.  Pelajaran matematika itu ia dongengkan.  Pelajaran pembagian itu diceritakan dengan menggantinya seperti tokoh cerita.  Ana punya satu roti keju.  Lalu adiknya mau, tapi kakaknya juga mau.  Jadi bagaimana ya? tanya si ibu pada anaknya.  Wah ternyata si anak antusias menjawab dan jawabannya benar.  Jadi ternyata mengajar matematika lewat cerita yang didongengkan justru bisa membuat anak mengerti dengan mudah.  Silahkan mencoba...


No comments:

Post a Comment