February 20, 2013

Sereh, Pembasmi Nyamuk Alami


Musim hujan membuat nyamuk semakin tumbuh merajalela.  Gigitannya tentu saja membuat susah, apalagi jika nyamuk demam berdarah yang menggigit.  Salah satu cara adalah dengan menyemprotnya agar nyamuk
beserta teman-temannya itu mati.  Tapi pembasmi nyamuk kimia juga mempunyai pengaruh bagi keluarga kita jika terhisap.  Namanya juga bahan kimia, tentu efek buruknya ada.

Nah, kenapa kita tidak membuat semprot nyamuk yang alami saja?  Yang tidak membuat keluarga kita keracunan.  Wanginyapun enak sekali.  Lalu dari apa ya membuatnya?  Yuk simak caranya di bawah ini.

  
Sebagai ibu-ibu pasti tahu kan yang namanya daun sereh.  Nah kita bisa memakai daun sereh itu sebagai bahan pembasmi nyamuk alami.  Ambil Serai Wangi (Cymbopogon nardus) yang biasa kita sebut sereh sebanyak 1 kg.  Daun dan batangnya dicuci dan tiriskan sampai kering.  Lalu blender daun dan batang tersebut sampai halus.  Masukkan hasil blenderan tersebut ke dalam wadah bervolume 500 ml dan tambahkan 250 ml air lalu tutup rapat.  Campuran itu didiamkan selama semalam.  Setelah itu saring, air saringannya diencerkan lagi dengan aquades.  Nah sudah jadi!  Tuang cairannya ke dalam semprotan.  Lalu semprotkan ke tempat-tempat nyamuk bersembunyi. Selamat mencoba! (Sumber: Suharmiati & Lestari H, 2007). 

No comments:

Post a Comment