December 29, 2012

Agar Ide tidak Hilang

Pernah seorang teman mengeluh karena banyak ide-idenya tentang tulisan menghilang begitu saja dari otaknya.  Lalu saya bertanya kenapa tidak dicatat, kan bisa di notes, di tablet, di HP atau lainnya.  Jawabnya
sudah.  Katanya sudah banyak sekali catatan-catatan yang akan menjadi judul cerita.  Rupanya teman saya itu menuliskan idenya yang kadang ia dapat tiba-tiba itu dalam sebuah judul saja.  Maksudnya supaya tidak lupa.  Tapi ternyata dia lupa...Ketika ingin memulai mengetik, dia lupa bagaimana akan memulainya.

Nah, saya ada tips sedikit agar ide itu tidak lupa.  Karena saya mempraktekkannya dalam menulis.  Tahu tidak?  Ini sebenarnya kebiasaan saya agar terhindar dari yang namanya lupa itu hehe..Kan sayang jika ide bagus tiba-tiba terlintas dan hilang begitu saja.

Biasanya ide datang tidak mengenal waktu.  Kadang lagi di kendaraan, lagi di mal atau lainnya.  Nah, kan kalau ingin mencatat kita tidak selalu membawa notes dan pena dalam tas.  Apalagi kalau mau ke pasar tradisional atau tempat yang dekat, biasanya cuma bawa dompet kecil dan hp saja.Lumayanlah, setidaknya kita tidak lupa membawa hp.  Nah, ketika ide itu datang, catatlah di hp atau di mana saja sinopsis globalnya.  Tidak usah panjang-panjang, 2-3 baris cukup.  Sinopsis global yang super pendek inilah yang akhirnya dapat menyelamatkan kita dari kelupaan akan cerita yang ingin kita buat.  Aman kan, waktu sampai di rumah dan ada waktu maka catatan pendek tadi bisa kita buka kembali.  Langsung deh ditulis jadi cerita...

Bagaimana?  Mau ikut mencoba?  Ayo, selamat mencobanya...

No comments:

Post a Comment