June 22, 2012

Ketika Ide Datang Tiba-tiba

Idet untuk tulisan memang bisa datang dari  mana-mana.  Kadang ide muncul tiba-tiba, bahkan tak terduga tempat dan waktunya.  Biasanya, ide itu juga akan cepat pergi berlalu, mirip seperti tamu misterius.  Nah, bagaimana caranya agar ide yang mendadak datang itu tidak hilang dari kelapa eh kepala? Tentunya setiap penulis punya cara tersendiri dalam menangkap ide itu (kok jadi mirip nangkep penjahat ya hehe).  Ada penulis yang mencatatnya di notes kecil jika tidak sedang di depan laptop/komputer.  Ada juga yang menuliskan idenya di handphone/tab dan lain-lain. 

Pernah saya mendapatkan ide di jalanan.  Saya menyempatkan menuliskan judulnya di HP karena tidak mungkin menulis di notes sambil jalan kaki hehe.  Saya tenang karena ide sudah saya tuliskan. Sampai di rumah catatan ide tidak saya buka karena sudah mengerjakan rutinitas di rumah lagi.  Baru beberapa hari kemudian catatan ide saya buka kembali.  Tapi apa yang terjadi?  Judul yang terdiri dari kata-kata pendek itu saya baca kembali dan hasilnya saya lupa dengan jalan cerita yang akan saya tuliskan. 

Sejak itu setiap mendapatkan ide di tempat dan waktu yang tak terduga, saya berusaha untuk berhenti sejenak dan mencatat atau menuliskan sinopsis singkat dari ide cerita itu.  Dan saya berhasil, sinopsis pendek yang terdiri dari 3-4 kalimat pendek itu sangat membantu sekali.  Saya tidak lagi lupa dengan jalan cerita dari ide yang akan saya tulis.  Semoga bermanfaat!

No comments:

Post a Comment