March 1, 2012

Menyimpan Telur

Menyimpan telur ada caranya loh agar tidak rusak.  Ini  beberapa caranya :
  1. Jika meletakkan telur, letakkan bagian ujung yang tumpul di sebelah atas, agar kuning telur tetap berada di tempatnya dan jauh dari ruang udara.  Kenapa begitu?  Karena ruang udara terdapat mikroorganisme perusak telur.
  2. Simpan telur di lemari es sesudah telur dimasukkan ke kantong plastik dan tutup rapat, agar telur tidak kehilangan cairan dan terlindung dari masuknya aroma lain.
  3. Jangan meletakkan telur terbuka pada tempat telur di dalam lemari es, karena tempat itu masih terlalu panas dan tidak terlindung.
Setelah 5 minggu di dalam lemari es, telur akan mulai kehilangan sebagian cita rasa dan tekstur aslinya.  Jika telur seperti itu dibuat masakan seperti telur mata sapi, maka kuning dan putihnya akan melebar dan rasanya menjadi kenyal dan lebih keras. Telur yang baik tentu telur yang masih baru, umurnya kurang dari seminggu.  telur ini  masih menarik bentuknya jika disajikan dan rasanya masih lezat.  Telur yang umurnya lebih dari dua minggu hanya baik  dipakai untuk membuat kue. 

No comments:

Post a Comment