February 18, 2012

Khasiat Tempe

Siapa yang tak kenal tempe?  Pasti  tahu, karena makanan yang terbuat dari kedelai ini  merupakan makanan asli Indonesia.  Tempe yang harganya relatif murah ini ternyata banyak khasiatnya loh.  Beberapa khasiat tempe antara lain :

  1. Tempe mengandung isoflavon, yang mempunyai peran potensial dalam mencegah sejumlah penyakit kronis, termasuk kanker prostat.
  2. Tempe juga mengandung superoksida desmutase yang dapat menghambat kerusakan sel dan proses penuaan.
  3. Tempe juga terkenal sebagai makanan antikanker.  Terutama mampu mencegah dan membantu penyembuhan kanker usus besar, kanker paru-paru, kanker kulit, kanker payudara, hingga kanker darah.
  4. Tempe juga dapat menurunkan kadar kolesterol.
  5. Tempe yang dimasak secara baik dan benar sangat bermanfaat bagi perbaikan proses pembentukan sel tulang dan menghambat penyusutan tulang.
  6. Senyawa genistein dalam tempe dapat mencegah penggumpalan darah.  Hal ini akan mencegah terbentuknya kerak lemak pada dinding pembuluh darah.  Tempe disini dapat mencegah terjadinya stroke.
  7. Tempe kaya dengan serat pangan, sehingga sangat baik untuk kesehatan saluran pencernaan.
  8. Tempe ideal bagi penderita hipertensi karena sangat rendah natrium (garam) tapi kaya kalium.
  9. Tempe juga ideal bagi penderita diabetes.  Kandungan protein yang tinggi dalam tempe mampu membentuk dan memperbaiki jaringan tubuh yang rusak termasuk jaringan pankreas.
  10. Tempe juga mengandung antibiotika alami yang ampuh untuk membasmi bakteri disentri penyebab gangguan pencernaan.  (Pustaka:  Kedelai, Wisnu Cahyadi.  Bumi Aksara.  Jakarta. 2007)

No comments:

Post a Comment