January 13, 2012

Ditolak Penerbit?

Pernah tidak tulisan kamu ditolak oleh satu penerbit?  Dua bahkan tiga penerbit?  Pasti jawabnya pernah hehe.. Jangan sedih atau putus asa, ternyata penolakan itu tidak hanya menimpa saya yang belum banyak pengalaman di dunia kepenulisan.  Banyak juga penulis yang sudah senior masih tetap ditolak juga.  jadi kenapa kita harus kesal dan pusing memikirkannya?  Lebih baik cari tahu alasannya mengapa tulisan kita ditolak.

Saya sering dapat surat cinta dari penerbit yang saya kirimi naskah tulisan.  Lebih-lebih ketika saya baru pertama mengirmkan tulisan itu ke penerbit.  Terbayang saya yang lagi semangat-semangatnya menulis dan baru bisa membuat tulisan sederhana, tiba-tiba harus menghadapi penolakan naskah.  Beehh...rasanya tidak enak sekali.  Kok sudah cape-cape nulis, sudah cape-cape nyari ide, sudah cape-cape merangkai cerita...eh ternyata tulisan ditolak.  Sedih?  Pasti.  kecewa?  Iya jelas.  Lalu kesal?  Sempat juga sedikit.  Kenapa sedikit?  Sadar setelah membaca alasan penolakan itu. 

Apa sih alasan mereka menolak?  Alasannya sih beragam, ini ada beberapa alasan yang pernah saya terima dari penolakan naskah tulisan:
  • Cerita seperti ini sudah pernah dibuat
  • Ide cerita biasa saja, tidak menarik
  • Ceritanya bagus hanya kami sedang tidak menerbitkan tema seperti ini
  • Bahasanya terlalu baku dan kaku
  • Bahasa terlalu tinggi untuk anak balita
  • Cerita terlalu panjang atau terlalu pendek
  • Kami tidak menerima naskah jenis ini
  • dll

Kayanya masih banyak lagi, cuma itu sekilas yang sering mampir disurat penolakan saya hehe.  Setelah sedih yang "sedikit" itu mulai hilang saya baca lagi surat penolakan itu berkali-kali.  Maksudnya mengapa alasan naskah itu ditolak. Lalu saya lihat lagi tulisan yang saya kirim.  Saya mulai membacanya dengan kepala dingin.  Masih marah?  Tentu tidak lagi!  Ternyata memang tulisan saya seperti itu, huhu...saya masih banyak kekurangan rupanya. 
Akhirnya saya semangat lagi.  Saya mulai belajar dan terus belajar untuk menggali ide cerita dan memperbaiki kesalahan naskah yang ada.  Yuhui...akhirnya setelah mengalami tiga kali penolakan, naskah saya diterima.  Wuah senangnya...terbayang buku pertama saya akan terbit.  Seperti mendapat biji durian...eh durian runtuh, kebayang deh...senengnya kaya apa (lupa sama umur nih...kaya anak kecil yang dikasih permen lolipop sebesar tampah.  Wah hiperbol banget!).
Nah, sekarang saya tak sedih lagi jika menerima surat cinta dari penerbit.  Semangat dan terus belajar dan tidak putus tali sepatu eh asa tentunya!

No comments:

Post a Comment