November 10, 2011

Dari mana Ide Cerita Itu Datang?

Dulu saya bingung cara mencari dan menemukan ide untuk tulisan.  Sepertinya begitu susah untuk membuat satu tulisan pendek sekalipun.  Saya heran dari mana penulis-penulis itu menemukan ide cerita untuk tulisan mereka.   Karena penasaran, saya mulai mencoba mencari ide itu. Saya mulai membuka mata dan telinga lebar-lebar.  Ternyata banyak sekali yang bisa dijadikan ide cerita.  Hmm...apa saja ya?  Sstt..inilah beberapa cara saya menangkap ide cerita:
1. Baca buku apa saja terutama buku cerita anak dong tentunya (kecuali buku tulis kosong, jangan dibaca ya...)
2. Nonton film kartun  atau film lainnya
3. Banyak bergaul dengan anak-anak dan memperhatikan kegiatan mereka

4. Lingkungan di sekolah
5. Di tempat bermain
6. Di tempat les
7. Di Mal/pasar
8. Di tempat rekreasi
9. Di bus/angkot/kereta/dll
10.Di dalam rumah: aktivitas sehari-hari mulai dari bangun tidur sampai tidur lagi; waktu makan; waktu mandi; waktu belajar, dll

Wah...masih banyak lagi loh.  Kalau saja kita sabar dan jeli, tentu mudah untuk menangkap ide itu.  Langkah selanjutnya tentu saja kita tinggal menuangkannya dalam tulisan. Yok kita sama-sama belajar untuk menangkap ide dari sekitar kita dan menuliskannya...!

No comments:

Post a Comment